Kerendahan Hati Merupakan Unsur yang Paling Penting dalam Latihan Rohani

Maka kerendahan hati merupakan unsur yang paling penting dalam latihan rohani. Siapapun yang menguji kesabaran kita adalah Guru kita; orang-orang yang mengalahkan dan memaki kita adalah Guru kita, itu semua untuk melatih tenggang-rasa kita dan memberi kita suatu kesempatan untuk bercermin. Ini juga baik. Tidak buruk, kecuali tindakan-tindakan yang merugikan umum, maka kita harus berusaha menghentikannya. Bila dia hanya menguji kita, maka biarkanlah dia menguji kita sampai akhir; makin keras, makin baik bagi kita. Emas bercahaya lebih cemerlang setelah ia ditempa dalam api. Emas asli tidak takut api! bertenggang rasa tentang hal itu, maka apa yang dapat saya tenggang rasa? Kecuali bila merugikan umum atau orang lain, maka saya akan memikirkan suatu cara untuk menghentikannya. Bila hanya merugikan saya, tidak apa-apa! Sekarang Anda mengetahui apakah ego dan cara menghilangkannya. Jangan biarkan ego kalian bertumbuh lebih kuat dan mengurung kalian seperti sebuah dinding. Kalian akan percaya saja bahwa kalian adalah orang ini dan ini adalah diri kalian. Itulah ego.

Kalian hanya akan melanjutkan dan melakukan hal-hal salah yang sama, dan selanjutnya kalian akan menjadi lebih buruk. Jika tidak ada orang yang menghentikannya bagi kalian, kalian akan semakin buruk. Kalian akan mengira baik saja dan merasa bahagia karenanya. Akhirnya, akan menjadi suatu kebiasaan, seperti halnya merokok dan mabuk-mabukan. Walaupun kalian mengetahui itu buruk bagi tubuh kalian, kalian menjadi sangat kecanduan pada kebiasaan itu dan kalian minum dan merokok lebih banyak lagi. Itu sebabnya kita harus belajar menjadi rendah hati.

Kita tidak seharusnya menambah lebih banyak pada kebiasaan yang telah kita kumpulkan sepanjang banyak masa kehidupan, dan kita tidak seharusnya membiarkannya bertumbuh lebih kuat sampai menjadi tidak dapat diperbaiki nantinya. Kita sudah memiliki sangat banyak kebiasaan buruk. Bila kita tidak menguranginya tetapi menambahnya lebih banyak, bagaimana kita dapat mengendalikannya? Tidak ada cara untuk menguranginya bahkan bila kita menginginkannya. Kapan kita dapat selesai menguranginya? Kita telah mengumpulkan demikian banyak. Sudah cukup sulit bagi kita menghindari agar tidak mendapatkan lagi, masih lagi kita perlu menghapus kebiasaan-kebiasaan kuat itu, dan bahkan tradisi yang kita telah kumpulkan melalui banyak masa kehidupan! Itu sebabnya kita harus menggunakan kekuatan dunia supra ini, getaran meditasi Suara, untuk membersihkannya dengan cepat. Pencucian otak biasa tidak berguna. Hanya berlatih meditasi Suaralah yang benar-benar “pencucian otak.”

Kalian bertanya kepada saya cara menghindari ego. Saya menyarankan kepada kalian untuk melakukan lebih banyak meditasi Suara. Bila kalian sadar, usahakan untuk meneliti dan mengendalikan diri kalian sendiri. Jangan menambah lagi atau mengulangi kebiasaannya. Bila kalian dapat menghindarinya, maka hentikan. Bila kita tidak sadar akan ego kita, maka tiada yang dapat kita lakukan. Itu bahkan lebih buruk. Kita harus melakukan lebih banyak meditasi Suara! Lakukan lebih banyak meditasi Suara! Lakukan lebih banyak meditasi Suara! Yang membersihkan kita dengan sendirinya; tiada cara lain. (Tepuk tangan) Sekarang kalian menyadari bahwa Metode Quan Yin sungguh hebat! Tanpanya, kita tidak pernah dapat membersihkan kebiasaan-kebiasaan kita yang banyak sekali!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: